PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MASUK UNIVERSITAS PADJADJARAN (SMUP) TAHUN AKADEMIK 2006/2007

Universitas Padjadjaran membuka jalur penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2006/2007 diluar jalur SPMB. Penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) ini mulai dibuka sejak tanggal 22 April sampai dengan 7 Juni 2006. Jalur ini dibuka dengan tujuan untuk membuka kesempatan lebih luas bagi calon mahasiswa baru yang ingin menuntut ilmu di berbagai program studi di Unpad. Saat ini Unpad memiliki 14 fakultas dengan 41 program studi.

Untuk mempermudah proses pendaftaran, penjualan formulir pendaftaran SMUP ini dilakukan diberbagai kota disesuaikan dengan lokasi ujian yang dipilih. Untuk lokasi ujian di Bandung, formulir dapat diperoleh di BNI Unpad, BNI Dago, BNI Jatinangor, BNI Tasikmalaya, BNI Garut, BNI Cirebon, BNI Purwakarta dan BNI Sukabumi. Untuk lokasi ujian di Jakarta, pendaftaran dapat dilakukan di SMA Lab School Jakarta. Bagi calon peserta yang akan mengikuti ujian di Serang, Banten, pendaftaran dilakukan di Dinas Pendidikan Serang. Untuk lokasi ujian Bekasi, formulir dapat diperoleh di SMA International Islamic Boarding School, Lippo Cikarang, Bekasi. Sedangkan untuk lokasi ujian di Riau, formulir dapat diperoleh di SMA Cendana Riau.

Untuk perincian program studi yang ditawarkan, besarnya biaya pendaftaran dan biaya pendidikan (yang dibayarkan setelah lulus seleksi) dapat dilihat pada lampiran berkas formulir pendaftaran dan website http://www.smup.unpad.ac.id.

Khusus di Kampus Iwa Koesoemasoemantri tanggal 2 mei tidak ada pelayanan SMUP Waktu pendaftaran dimulai dari tanggal 22 April – 7 Juni 2006 dan waktu pengembalian formulir dimulai dari tanggal 23 April – 8 Juni 2006, pada hari kerja (Senin – Jumat) pukul 08.00 – 14.00 WIB . Khusus untuk lokasi ujian Bandung, tempat pengembalian formulir hanya dilakukan di Kampus Iwa Koesoemasoemantri (Unpad), Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung. Sedangkan untuk lokasi ujian di luar Bandung, pengembalian formulir tetap dilakukan di tempat pendaftaran.

Untuk hari Sabtu, tanggal 29 April 2006, khusus BNI Unpad dan Kampus Iwa Koesoemasoemantri (Unpad), Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, tetap melayani pembelian dan pengembalian formulir pada pukul 08.00 – 12.00 WIB. Sedangkan tempat-tempat lain akan melayani kembali pada hari Senin, tanggal 1 Mei 2006 pada pukul 08.00 – 14.00 WIB. Khusus di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, untuk tanggal 1 Mei 2006 pembelian dan pengembalian formulir dibatasi hanya sampai jam 12 siang, sedangkan besoknya tanggal 2 Mei 2006 tidak melayani pembelian maupun pengembalian formulir. Pada tanggal 3 Mei 2005 dibuka kembali Pelayanan seperti biasa.

Kelengkapan Persyaratan Adapun persyaratan pendaftaran SMUP ini adalah, para calon peserta adalah Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti, lulusan SMTA (SMA, SMK, MA, Ujian Persamaan, dsb) tahun 2004, 2005 dan 2006. Pada saat pendaftaran, calon peserta wajib menyerahkan satu lembar foto kopi Ijazah/STTB/Surat kelulusan (dilegalisasi) bagi calon peserta angkatan 2004 dan 2005, satu lembar foto kopi rapor kelas 3 (dilegalisasi) bagi calon peserta angkatan 2006, setelah dinyatakan lulus wajib menyerahkan foto kopi Ijazah/STTB/Surat Kelulusan sampai dengan tanggal 26 Juni 2006 (Peserta seleksi yang tidak menyerahkan dokumen tersebut dinyatakan tidak memenuhi persyaratan dan tidak diterima sebagai mahasiswa Universitas Padjadjaran), Akte kelahiran, Surat keterangan tidak buta warna dari Dokter Spesialis Mata bagi yang masuk Fakultas kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, MIPA (kecuali P.S. Matematika dan Statistik), Pertanian, Psikologi, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi dan Industri Pertanian, dan Pas foto berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak 3 lembar. Ujian SMUP ini akan dilakukan secara serempak pada tanggal 11 Juni 2006, pukul 08.00 – 14.00 WIB di tempat-tempat yang akan ditentukan. Materi yang akan diuji adalah Tes Kemampuan Belajar, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hasil Seleksi akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 2 Juli 2006 melalui pengumuman di Website http://www.smup.unpad.ac.id dan di tempat-tempat pendaftaran. Informasi selengkapnya mengenai SMUP dapat diakses di : http://www.smup.unpad.ac.id.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Comments are closed.